Perlengkapan Landak Mini


http://farm1.static.flickr.com/14/14950127_743af8402d.jpg


1. Kandang macam apa yang mereka perlukan?
Hedgehog membutuhkan rumah yang aman, tertutup, namun memiliki sirkulasi udara yang baik. Mereka termasuk pemanjat yang baik dan dapat mudah sekali keluar dari kandang jika tutup atasnya terbuka (Lihat Artikel : Flash Back Jaman Anak2 Kecil), kandang yang digunakan umumnya kandang untuk marmut atau kelinci.
Jika anda menggunakan kandang dengan atas terbuka (seperti aquarium atau container), kandang tersebut harus memiliki daerah licin/datar paling sedikit tingginya 30 cm dan memiliki area lantai 40 x 60 cm. Selain sirkulasi yang baik dan penerangan yang cukup, yang perlu diperhatikan adalah peletakan. Letakkan rumah hedgehog di tempat yang nyaman, hangat, pencahayaan yang cukup, bebas dari sampah dan tidak terkena sinar matahari langsung. Mereka paling nyaman pada suhu antara 18-27 derajat Celsius.
Sebagai tambahan kandangnya, hedgehog anda juga akan membutuhkan perlengkapan dibawah ini:
2. Alas: serutan aspen, pinus adalah pilihan yang terbaik untuk alas/bedding. Jangan serutan cedar. Tongkol jagung (corn cobb) yang telah dihancurkan juga dapat menjadi alas yang baik dan aman dipakai untuk betina dan yang dewasa, tetapi sebaiknya tidak dipakai untuk jantan yang masih muda. Taruh alas setinggi kira-kira 5 cm secara rata di lantai kandangnya.
2. Tempat Makanan: Tempat makanan perlu cukup lebar dan berat untuk mencegah hedgehog anda membalikan mangkok, menumpahkan isinya dan menggunakannya sebagai mainan (Siap2 terdengar suara bantingan bila anda menggunakan tempat makan ringan yang mudah digulingkan). Atau bila anda tidak menggunakan hiding box, siap2 mendengar keributan saat hedgehog berusaha membalik mangkok makanan untuk menutupi wajahnya dari cahaya. Keramik kecil yang digunakan untuk roden kecil adalah tempat makanan yang baik untuk hedgehog. Lebar atau diameter tempat makanan bisa 8 – 16 cm dan ketinggiannya sebaiknya jangan melampaui 8 cm.
3. Botol air: Botol air lebih baik daripada tempat minum yang terbuka. Hedgehog suka sekali mengisi tempat air minumnya yang terbuka dengan serutan sehingga menyulitkan mereka sendiri untuk mendapatkan air yang cukup.

4. Tempat persembunyian atau Hiding box.
Dapat dibuat sederhana seperti pipa pvc 4 inch, teko plastik. Sebaiknya hiding box tidak terlalu ringan, karena hedgehog suka menyundul dan membalik barang apapun didekatnya. Hiding box yang terlalu ringan dan mudah digulingkan akan cepat kotor dan perlu sering diganti. Tidak disarankan menggunakan kotak sepatu karena akan mudah kotor dan dijungkir balik.

5. Kotak kotoran (litter box):
Hewan peliharaan anda akan menggunakannya jika anda menyediakannya. Kotak kecil dalam 5 cm, 15 x 20 cm, setengahnya cukup diisi dengan pasir zeolite no.2 dicampur pasir bali

0 komentar:

Posting Komentar