Anointing


Anointing?
Apa itu Anointing? Anointing adalah saat hedgehog anda menjilati tubuh atau durinya hingga seperti berbusa. Anointing adalah respon mereka ketika mereka menemukan bau yang asing yang tidak biasa mereka endus.
Dalam hal seperti ini, landak mungkin akan menggigit atau mengunyah sumber bau, maka mulutnya membuat sabun berbuih. Selanjutnya air liur yang tersimpan pada saliva akan menempel pada durinya saat mereka memutar badan dan menjilati tubuh. Negitu banyak landak meliukkan tubuh mereka sampai mereka jatuh, beberapa hedgehog menjadi sangat berkonsentrasi saat mereka melakukan anointing, sehingga mereka menjadi tidak menyadari lingkungan mereka pada saat itu.
Mengapa landak melakukan Anointing?
Tidak seorang pun yang tahu pasti mengapa landak melakukan hal yang lucu tersebut (bahkan pada saat pertama kali anda menjumpai hal itu, mungkin akan tampak “mengerikan” melihat duri2 landak berbusa). Ada banyak teori di luar sana yang mencoba menjelaskan perilaku ini. Beberapa teori adalah:
* Landak berusaha untuk menutupi bau mereka dan bersembunyi dari predator
* Busa yang dihasilkan berfungsi sebagai racun bagi musuh landak, dan dapat menyebabkan iritasi.
Don’t care kenapa mereka melalukan hal itu, entah karena kebiasaan ataupun hal lainnya, yang pasti Anointing adalah perilaku normal pada semua landak, dan sama sekali tidak berbahaya. Lumayan juga untuk menjadi hiburan melihat tingkah polah landak mini kesayangan anda. Jangan heran jika saat andak pulang kerumah dan melirik si duren kecil dalam kondisi tubuh berbusa di beberapa tempat.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

gan,landak mini jantan gue kok muntah2 ya?abs gue taruh di latar rumah gue n pas gue taruh kembali di kandangx kok malah mutah2....
napa ya gan???

Unknown mengatakan...

landaknya kemakan tanah atau makanan yg gabisa dicerna tu

Posting Komentar